Tidak ada mitos semua adalah sains, manfaat bawang merah bagi tubuh manusia bisa dikatakan sebagai meluap, luber, atau overwhelming dalam bahasa Inggrisnya. Sebagai bumbu yang jadi bagian kecil suatu hidangan ini, ternyata segalanya untuk manusia. Bahkan di era pandemi Corona, bawang merupakan salah satu andalan besar menambah imunitas tubuh, dan juga bersifat membunuh bakteri ini di luar tubuh.

Bawang mengandung berbagai mineral dan vitamin serta senyawa tanaman yang efektif, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dengan berbagai cara. Berikut ini enam alasan mengapa bawang itu wajib dikonsumsi di era pandemi ini setiap harinya.

1. Bawang Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Bawang sangat rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, serat, dan mineral. Mengandung banyak vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, produksi kolagen, perbaikan jaringan dan penyerapan zat besi. Vitamin C juga merupakan antioksidan, yang melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Di sini Anda dapat menemukan nilai gizi 100 gram bawang:

Kalori 33 kkal

Protein 1 g

Lemak 0 g

Karbohidrat 6 g

Serat makanan 2.5 g

2. Bawang Merah Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain vitamin C, bawang merah juga mengandung antioksidan lain yang dapat menghambat kerusakan sel. Bawang mengandung lebih dari 25 antioksidan flavonoid yang berbeda. Bawang kaya akan anthocyanin. Yakni pigmen tanaman khusus yang juga bertanggung jawab atas warna merah tua pada bawang merah.

3. Bawang Merah Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat bawang merah lain yakni obat alami diabetes. Penderita disarankan untuk makan bawang karena dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Senyawa spesifik seperti kuersetin dan senyawa sulfur juga ditemukan dalam bawang, senyawa ini memiliki efek antidiabetes. Quercetin berinteraksi, dengan sel-sel di usus kecil, jaringan adiposa atau hati untuk mengontrol pengaturan kadar gula darah di seluruh tubuh.

4. Bawang Merah Memiliki Efek Antibakteri

Quercetin, yang berasal dari bawang, juga obat yang sangat efektif untuk bakteri, seperti yang ditemukan dalam berbagai penelitian, karena dapat melawan bakteri serta virus yang berpotensi membahayakan. Dalam studi tabung reaksi, misalnya, ditemukan bahwa kuersetin yang diperoleh dari kulit bawang berhasil menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini dikaitkan dengan tukak lambung dan kanker pencernaan tertentu.

5. Bawang Merah Baik Untuk Jantung Anda

Bawang mengandung senyawa yang mencegah peradangan, meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kolesterol – yang semuanya memiliki efek positif pada jantung. Karena bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung quercetin, antioksidan, flavonoid, bawang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang juga mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Bawang Merah Sehat Untuk Tulang

Manfaat bawang merah selanutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang dan tulang Anda. Sebuah penelitian yang mengamati 24 wanita paruh baya dan pasca-menopause menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 100 mililiter jus bawang setiap hari selama dua bulan memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak meminumnya.

Konsumsi bawang merah juga dipercaya dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dan keropos tulang, sekaligus meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Ini dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

Dengan manfaat tersebut, sangat diherankan jika anda menolak bawang merah. Jika tidak suka rasanya, maka konsumsi kapsul ekstraknya dengan manfaat yang sama.